Isuzu: Mobil Jadul Desain Kotak, Mesin Modern Super Kencang
Isuzu baru-baru ini meluncurkan sebuah mobil pikap yang unik, memadukan desain klasik dengan teknologi modern. Disebut Dragon Max, mobil ini merupakan hasil modifikasi atau restomod dari pikap Isuzu TFR tahun 1988. Desain kotak dan minim lekukannya mengingatkan kita pada pikap legendaris di masa lalu, namun dengan sentuhan modern yang signifikan.
Konsep restomod yang diusung Isuzu Thailand ini berhasil membangkitkan kembali aura pikap klasik, namun dengan performa dan fitur yang jauh lebih unggul. Penggunaan basis TFR, yang juga dikenal dengan berbagai nama di pasar global seperti Faster, Rodeo, dan lainnya, memberikan sentuhan nostalgia yang kuat.
Desain Eksterior yang Menawan
Dragon Max mempertahankan bentuk bodi kotak khas TFR. Namun, sentuhan modern terlihat pada pilihan warna abu-abu yang elegan.
Modifikasi eksterior lainnya meliputi suspensi yang dibuat lebih rendah, memberikan kesan sporty layaknya truk drag. Lampu depan dan belakang telah diganti dengan unit LED modern.
Velg hitam 17 inci dengan ban Yokohama Advan Fleva 225/50 menambah kesan sporty. Spoiler bak truk melengkapi tampilan gagah mobil ini.
Interior Modern dan Mewah
Meskipun mempertahankan desain dasar dasbor bersudut, interior Dragon Max telah mengalami modernisasi yang signifikan.
Kluster instrumen digital dan layar sentuh infotainment bergaya potret memberikan pengalaman berkendara yang lebih canggih. Fitur modern seperti start-stop system dan stopkontak USB juga tersedia.
Sentuhan mewah ditambahkan dengan penggunaan trim Alcantara, aksen serat karbon, jahitan kontras, serta kursi dan roda kemudi yang dibungkus kulit dan suede.
Performa Mesin yang Ditingkatkan
Peningkatan paling signifikan pada Dragon Max adalah pada sektor mesin. Mobil ini dibekali mesin turbodiesel MaxForce 2.2-liter Isuzu, mesin yang sama dengan yang digunakan pada D-Max dan Mu-X.
Mesin ini telah disetel ulang untuk menghasilkan tenaga 217 hp (162 kW / 220 PS) dan torsi 550 Nm. Ini merupakan peningkatan signifikan dibandingkan dengan tenaga TFR asli.
Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis delapan kecepatan modern. Perpaduan antara desain klasik dan teknologi modern ini menciptakan sebuah mobil pikap yang unik dan menarik.
Isuzu Dragon Max membuktikan bahwa restomod tidak hanya sekadar mengembalikan mobil klasik ke kondisi semula, tetapi juga dapat memadukan unsur nostalgia dengan teknologi terkini untuk menciptakan kendaraan yang relevan dengan kebutuhan masa kini. Keberhasilan Dragon Max dalam memadukan elemen tersebut memberikan inspirasi baru bagi industri otomotif dalam menciptakan kendaraan yang unik dan menarik.




